YouthSpark Live

YouthSpark Live | Jogjaready.com

Jogjaready.com – Apa itu YouthSpark? Adalah program yang dibuat oleh Microsoft untuk memberikan kesempatan bagi kaum muda untuk belajar Coding. Sejak tahun 2013, Microsoft bekerja sama dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) untuk mengadakan YouthSpark di Indonesia, dimana YCAB sendiri berfokus pada pengembangan dan pemberdayaan kaum muda. Dalam 4 tahun ini Microsoft telah memberikan berbagai kesempatan tersebut ke lebih dari 300 juta kaum muda di dunia.

Fokus dari program ini adalah memberikan kesempatan pada kaum muda untuk belajar Coding, sekaligus mencoba mengaplikasikan kreasi ide mereka menggunakan aplikasi Kodu dari Microsoft.

YouthSpark akan ditutup dengan pameran 10 aplikasi terbaik yang dibuat oleh para siswa secara berkelompok. Kelanjutan dari program YouthSpark ini adalah pembuatan rencana kerja/ kegiatan guru/ mentor untuk melanjutkan rencana pembelajaran Kodu/ Hour of Code di sekolah masing-masing.

Peserta siswa dan guru pendamping yang lolos dalam 10 – 15 besar akan diundang untuk memeriahkan acara YouthSpark Live pada tanggal 15 Juni 2016. Acara ini diikuti oleh 200 hingga 250 siswa SMA/ K, tenaga pengajar, komunitas, technopreneur dan relawan mahasiswa di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pada acara YouthSpark Live akan ada sesi yang diisi oleh Microsoft Indonesia. Pemateri dari Microsoft Indonesia akan memberikan ulasan mengenai Government program on Technology. Selain Microsoft Indonesia, acara ini juga akan diisi pemateri dari Microsoft Innovation Center dan Jogja Digital Valley.

Acara YouthSpark Live bertujuan untuk memberikan motivasi, pembekalan bagi peserta siswa dan guru pendamping. Pada acara YouthSpark Live akan dilakukan sesi dimana memberikan informasi terkait bagaimana menggunakan teknologi, bagaimana teknologi telah digunakan dalam profesi yang beragam, bagaimana mengelola dan menciptakan sesuatu hal yang bermanfaat dengan teknologi. YouthSpark Live juga akan membantu guru-guru pendamping yang telah mempersiapkan action plan untuk saling berbagi.

Pada sela-sela acara YoutSpark Live rencananya juga akan diadakan sesi networking. Tujuannya agar komunitas, technopreneur, dinas pendidikan, beserta guru-guru pendamping dan siswa dapat saling bertukar informasi sehingga dapat terjalin kerjasama di kemudian hari. (-red)

2 Responses to YouthSpark Live
  1. hai mas adi pradana salam untuk sebelumnya.

    barusan saya baca. pemaparannya sangat cerdas. tidak ada kesan menghakimi atau apalah.

    dari paragraf demi paragraf saya baca dan pahami pelan pelan saya jadi tahu tentang program microsoft yang salah satunya youtspark live.

    oh iya pas saya baca itu saya menemukan satu typo. yang benar suswa atau siswa? tadi saya mikir keras apa itu suswa. begitu.

    sungguh ulasan yang cukup keren. ikut komentar mbak susanti hara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Back To Top
Translate »