Taring GL Zoo dipadati pengunjung

Jogjaready.com – Gembira loka Zoo (GL Zoo) adalah salah satu tempat wisata keluarga unggulan Jogja. Tak heran jika lokasi ini ramai dikunjungi. Saya sendiri sering mengajak keluarga ke GL Zoo. Dan baru minggu kemarin (28/12) saya kembali datang untuk yang kesekian kalinya.

Taring GL Zoo dipadati pengunjung | Jogja Ready

Orang Utan, salah satu koleksi hewan di GL Zoo

Setelah melihat acara Pawai Kreatifitas Santri se-Nanggulan, saya dan keluarga bergegas berangkat menuju kebun binatang Gembira Loka. Setibanya disana, kami persiapkan uang sebesar 200 ribu untuk mendapatkan 8 tiket masuk kebun binatang ini. Berapa harga satu tiketnya ?

Setelah tiket sudah ditangan, kami pun siap masuk dan menikmati beragam koleksi hewan yang ada di GL Zoo dengan berjalan kaki. Niatkan hati kuatkan kaki, pasalnya untuk menikmati seluruh kebun binatang ini jarak yang ditempuh sekitar 1,5 kilometer dengan luas wilayah kurang lebih 20 hektare. terlebih jika membawa anak kecil, harus rela menggendong saat anak kelelahan.

Waktu itu langit terlihat mendung namun hujan belum turun. Hal ini menjadi kekhawatiran saya, akankah nanti turun hujan di tengah perjalanan kami. “Ah sudahlah. Pikirkan nanti saja…” gumamku dalam hati.

Taring GL Zoo dipadati pengunjung | Jogja Ready

Fasilitas Transportasi Keliling (Taring) GL Zoo

Ada beragam wahana dan fasilitas yang memanjakan pengunjung untuk menikmati kawasan kebun binatang ini. Salah satunya adalah Transportasi Keliling dengan singkatannya Taring yang mulai beroperasi sejak tahun 2012 lalu. Fasilitas ini berwujud kereta lokomotif berkepala gajah dengan kapasitas 40 penumpang. Jika ingin memakai wahana ini, disediakan 6 buah halte yang menjadi tempat pemberhentian dan naik-turun penumpang. Halte tersebut tersebar di beberapa titik mulai dari awal masuk hingga akhir.

Sampai sekarang fasilitas Taring ini masih menjadi wahana favourit di GL Zoo. Terlihat dari beberapa Taring yang melintasi saya selalu dipenuhi penumpang. Dengan adanya Taring di Kebun Binatang Gembira Loka, pengunjung menjadi lebih mudah mengakses lokasi-lokasi pilihan yang ingin dikunjungi. Paling tidak irit tenaga agar tidak kelelahan.

Taring GL Zoo dipadati pengunjung | Jogja Ready

Jackass Penguin, koleksi terbaru di taman burung GL Zoo

Kekhawatiran yang saya pikirkan sebelumnya ternyata terjadi juga. Hujan turun dengan derasnya saat saya dan keluarga berjalan hampir separuh lebih perjalanan, tepatnya saat kami keluar dari kawasan Bird Park yang disana terdapat 5 (lima) ekor Jackass Penguin yang lucu dan menggemaskan. Ngomongin tentang Jackass Penguin, binatang yang habitat aslinya di Afrika ini merupakan koleksi terbaru yang melengkapi taman burung yang ada di GL Zoo.

Hujan pun turun semakin derasnya dan seluruh pengunjung berlarian mencari tempat berteduh. Begitu pula dengan rombongan saya. Kami berlarian menuju sebuah tempat tak jauh dari lokasi Bird Park, tempat itu adalah Halte Taring 3. Disanalah rencananya kami berteduh sementara.

Taring GL Zoo dipadati pengunjung | Jogja Ready

Halte Taring GL Zoo dipadati pengunjung saat hujan tiba

Hmmm, sepertinya Taring cocok sebagai alternatif untuk melanjutkan perjalanan dikala hujan turun, kembaliku berpikir dalam hati. Namun, sepertinya sebagian besar pengunjung memiliki pemikiran yang sama. Alhasil Taring GL Zoo pun dipadati pengunjung yang antri untuk naik.

Akhirnya kami pun tak jadi naik Taring dan memilih untuk menunggu hingga hujan reda. Ternyata fasilitas Transportasi Keliling yang ada di GL Zoo ini berguna juga, terlebih dikala hujan. (-red)

 

***

GEMBIRA LOKA ZOO
Jl. Kebun Raya No. 02 Yogyakarta 55171
Phone : 0274-373861, Fax : 0274-384666, Email : info@gembiralokazoo.com
Website : http://gembiralokazoo.com

26 Responses to Taring GL Zoo dipadati pengunjung
  1. Asep Haryono says:

    Wah mantaf ulasannya. Terakhir saya ke Gembira Loka sekitar tahun 2011 yang lalu. Kebetulan rumah mertua saya di Kulon Progo.
    Asep Haryono recently posted…Penghargaan Simplyasep 2015My Profile

  2. nah ini mas, aku belum pernah kesini sepertinya alamnya bagus banget ya, bikin betah nih..kurang lebih sama dengan taman safari ya

  3. ah, aku kan juga mau ke gembira loka tapi ngga punya duit alias kantong kering (kanker). Hehe… andaikan ada tiket gratis ke sana ya mau aja syukurlah Alhamdulillah hehehe..

  4. cputriarty says:

    kok jadi penasaran pengin berkunjung ke Gembiraloka, selama ini tahunya go to Prigen Zoo, di Malang Jatim . Happy ngeblog ya mas.

  5. mangKoko says:

    Sudah lama tidak mengajak anak-anak ke sana,
    Rupanya semakin banyak fasilitas di Gembiraloka.
    Siip mas, Keep writing and sharing ๐Ÿ™‚
    mangKoko recently posted…Kisah Tentang WaktuMy Profile

  6. Susindra says:

    Pengen banget ke sana. apalagi bawa anak2.
    Dulu waktu SD pernah ke sini dan pengalaman itu sangat membekas bagiku.
    Susindra recently posted…Menikmati Asri Suasana DesaMy Profile

  7. Beby says:

    Pengen banget ke sana.. Belom pernah sih ๐Ÿ˜€
    Beby recently posted…Punya Pacar Yang Lebih Muda Itu..My Profile

  8. Lusi says:

    Terakhir ke GL itu sebelum gempa. Sepertinya sekarang tambah bagus.

  9. pipit says:

    Waaa..ke kangen ama GL.
    Terakhir ke sana waktu masih kecil padahal sering banget mudik ke Yogya.

  10. lozz akbar says:

    kalau saya ke Jogya ajak saya ke GL Zoo ya mas
    lozz akbar recently posted…Nol Koma di Pagi PertamaMy Profile

  11. Bila musim hujan begini memang sebaiknya membawa payung kalo berwisata ya, Mas.
    Akhmad Muhaimin Azzet recently posted…Pilot Air Asia, Kematian, dan Persiapan KitaMy Profile

  12. Keke Naima says:

    Kalau lagi musim liburan begini, seluruh temppat wisata pasti penuh deh
    Keke Naima recently posted…Liburan Keluarga Dengan Hair Spa BarengMy Profile

  13. yulia says:

    Waah, asik nih kayaknya, udah lama juga ga pernah ke kebun binatang, terakhir waktu masih kecil, hiks ๐Ÿ™‚

Back To Top
Translate »