Ruang iklan publik di bangjo Jogja yang berlebihan

Ruang Iklan Publik yang berlebihan

Jogjaready.com – Lokasi lampu Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) atau yang sahabat Jogja biasa menyebutnya lampu “Bangjo” (abang ijo – red), memang menjadi tempat strategis untuk media promosi dimana banyak manusia sebagai target iklan berlalu lalang dengan kendaraannya. Dengan jangkauan yang luas dan mobilitas tinggi dari pagi hingga petang, hal ini menjadikan lampu bangjo sangat diperhitungkan sebagai ruang iklan publik.

Banyak lokasi lampu bangjo di Jogja yang pemandangannya diselipkan ruang-ruang iklan. Mulai dari poster, banner, bahkan iklan multimedia mangkal di setiap sudut area lampu bangjo. Sayangnya, ruang-ruang iklan tersebut kurang tertata. Ungkapan ini benar adanya, sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik. Tak sedikit area sekitar lampu bangjo di Jogja yang dipenuhi ruang iklan yang berlebihan. Akibatnya dapat merusak keindahan dan hanya menjadi sampah visual.

Salah satu contohnya seperti yang terlihat di lampu bangjo perempatan Condong Catur sebelah utara, ruang iklan berukuran raksasa berjajar memanjang mulai dari timur ke barat. Inilah ruang iklan publik di bangjo Jogja yang berlebihan. Padahal dibalik ruang iklan tersebut terdapat pohon-pohon besar nan rindang yang sejuk dimata. Bagaimana menurut pendapat sabahat Jogja ? Share disini. (-red)

14 Responses to Ruang iklan publik di bangjo Jogja yang berlebihan
  1. Beby says:

    Bener. Uda kayak Medan aja deh. Tumpah ruah. ๐Ÿ™
    Beby recently posted…Waroeng Loekisan JogjaMy Profile

  2. Keke Naima says:

    KAlau berlebihan malah jadi mengganggu pemandangan ๐Ÿ™‚
    Keke Naima recently posted…Pengumuman Pemenang 1st GA – Benda Yang Wajib Dibawa Saat Jalan-JalanMy Profile

  3. Choirul Huda says:

    lihat fotonya semrawut banget ya mas
    sama seperti di jakarta juga…

  4. cputriarty says:

    Bikin tatanan kota jadi sumpek dan semrawut ya mas… Kalo semua pihak yang berkaitan pada tahu diri dan merasa memiliki kota Budaya ini, maka tercipta kesadaran untuk berbenah diri. Jadi kangen ke Yogyakarta #lagu Katon Bagaskara ๐Ÿ™‚

  5. dari pantauan saya sendiri terkadang pengendara tidak menghiraukan isi iklan tersebut kecuali kalau itu sesuai dengan kebutuhannya. jadi iklan seperti hanya menambah polusi iklan iklan di jalanan kota dan mempersempit keindahan kota.

  6. @Jogjaready.com, saya suka kata2 yg ini => Ungkapan ini benar adanya, sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik.

    *kalau menurut kata bang Haji Rhoma Irama itu sangat……TERRRRLLLAAAALLUUUUU….. ๐Ÿ™‚
    #365HariNgeblog recently posted…“MENGAPA ORANG LAIN MALAS MEMBACA TULISANMU ??.” #28My Profile

  7. Renggo Starr says:

    Selain agak mengganggu, iklan kayak gitu berpotensi menimbulkan bencana sih kalo lagi hujan dan angin gede..
    Renggo Starr recently posted…KodeMy Profile

  8. Assalaamu’alaikum wr.wb… selain polusi visual, situasi ini bisa melalaikan fokus pemandu ke arah hadapan hingga bisa lupa lampu merah bertukat ijo. Coba ditentukan tarikh tamat pemasangan agar iklan itu tidak lama dipublikasikan.

    Salam kenal dan terima kasih sudah ke LMGS G2 di Sarikei, Sarawak.
    Siti Fatimah Ahmad recently posted…CT317. CABARAN HAJI (18): MEMAHAMI TUJUAN KE TANAH SUCIMy Profile

  9. Ahmed Tsar says:

    Sewaktu saya di Jogja sampai 2008, sudah ada Doen kalau nggak salah namanya Sumbo Tinarbuko sudah mengkampanyekan penghilangan sampah2 visual yang makin lama makin banyak di Jogja.

  10. itu yang dinamakan sampah publikasi kayaknya mas…di jogja banyak kok…di 1/4 demak ijo, di 1/4 dongkelan…di pertigaan jalan wates…dsb….pemerintah tidak hadir dalam hal ini selain hanya memikirkan pemasukan pajak semata..
    Yuni andriyani recently posted…7 Lapas Yang Ada di Nusa KambanganMy Profile

  11. angki says:

    semoga aja pemerintah tanggap ya mas…. aamiin…

  12. angki says:

    polusi visual di jogja emng udah meresahkan ya mas adi hadeehh jadi sedih
    angki recently posted…Foya-foya di Taman Selecta MalangMy Profile

  13. Yulia says:

    Wah..baru denger ada sebutan bangjo.. ๐Ÿ˜€
    Yulia recently posted…Isi Tas Kosmetik Dengan Benda IniMy Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Back To Top
Translate »