Parangtritis, objek wisata pantai populer di Yogyakarta

Jogjaready.com – Apa yang terbesit di benak Anda ketika menyebut kota Yogyakarta? Yap, pasti Anda akan menghubungkannya dengan Keraton, Malioboro, Borobudur, Prambanan, Gudeg dan Bakpia Patok serta keramahan penduduknya tentunya. Sedangkan bila membayangkan suasana pantai di Yogyakarta, bisa jadi Anda akan langsung menyebut Pantai Parangtritis.

Parangtritis | Jogjaready.com

Pantai Parangtritis

Ya, Pantai Parangtritis adalah pantai yang menjadi primadona wisatawan setiap kali berkunjung ke Yogyakarta. Pantai Parangtritis ini berada sekitar 27 km dari Pusat Kota Yogyakarta, tepatnya di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pantai ini sangat populer sebagai obyek wisata yang indah.

Di sepanjang perjalanan menuju obyek wisata ini Anda akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan hijau sawah yang sangat luas, sungai yang mengalir indah dan deretan punggung bukit karst. Pantai ini memang sangat cantik dan menarik dengan hamparan pasir hitam seperti di padang pasir. Pemandangan indahnya inilah yang seringkali membuat kawasan Pantai Parangtritis ini kerap dijadikan lokasi syuting layar lebar.

Saat bermain di bibir pantai romantis ini Anda dapat menyewa dokar (kereta kuda), motor ATV, ataupun kuda. Anda dapat berfoto-foto seperti di tengah-tengah Gurun Pasir di Afrika. Namun meskipun kawasan pantai ini sangat indah, sebaiknya Anda mematuhi rambu-rambu peringatan yang dipasang di daerah sekitar pantai, yaitu larangan untuk berenang terlalu dalam. Sebab ombak di pantai ini cukup besar. Bahkan bisa menjadi gulungan ombak yang sangat besar dalam waktu tiba-tiba. Jadi bagaimanapun Anda harus waspada dan berhati-hati. Terlebih lagi apabila membawa rombongan anak-anak. Tentunya Anda harus mengawasinya.

Khusus mengenai kuliner, sebaiknya Anda tidak melewatkan untuk berwisata kuliner di sekitar Pantai. Anda juga dapat membeli berbagai macam jenis ikan segar dan menyewa jasa masak sesuai selera dengan harga yang sangat murah. Sembari menikmati udara pantai dan deburan ombak menari, menikmati makan siang bersama keluarga tentunya menjadi momen yang sangat istimewa.

Parangtritis | Jogjaready.com

Sunset di Pantai Parangtritis

Di sisi utara pantai terdapat bukit-bukit kecil. Di sana juga terdapat warung-warung kecil yang menawarkan view pemandangan laut yang sangat mempesona. Angin sepoi, gemuruh suara ombak sembari menikmati kelapa muda segar pasti terasa sekali nikmatnya. Di tempat ini juga sangat cocok untuk menikmati pesona sunset yang pasti sayang untuk dilewatkan. Selain warung kecil juga ada penginapan yang tersedia di seputar Pantai Parangtritis. Penginapan biasanya terletak di pinggir Pantai, kita dapat menikmati Pantai Parangtritis setiap saat.

Yup, Pantai Parangtritis memang sangat menarik, baik pemandangan alamnya maupun kisah supranaturalnya. Pantai ini merupakan salah satu tempat untuk melakukan upacara Labuhan dari Keraton Yogyakarta. Pantai Parangtritis diyakini merupakan perwujudan dari kesatuan trimurti yang terdiri dari Gunung Merapi, Keraton Jogja, dan Pantai Parangtritis itu sendiri. Banyak orang Jawa percaya bahwa Pantai Parangtritis merupakan gerbang kerajaan gaib Ratu Kidul yang menguasai laut selatan.

Baca juga : Sw33t Corn3r, sebuah brand toko cokelat dan permen asal Jogja

Parangtritis juga dikisahkan sebagai sebuah tempat bertemunya Panembahan Senopati dengan Sunan Kalijaga sesaat setelah Panembahan Senopati selesai menjalani pertapaan.

So, kalau ke Jogja jangan lupa ke Pantai Parangtritis. Maka Anda akan membuktikan sendiri bagaimana keistimewaannya. Selain Parangtritis, sebetulnya masih banyak pantai-pantai lain yang ada di daerah Jogja ini, seperti Pantai Ngandong, Pantai Wediombo, Pantai Nguyahan, Pantai Ngungap, Pantai Wediombo, Pantai Ngobaran, Pantai Ngrenean, Pantai Sadeng, Pantai Parangkusumo, dan pantai-pantai lain yang bahkan sama sekali belum tersentuh dan dikunjungi wisatawan. (-red)

9 Responses to Parangtritis, objek wisata pantai populer di Yogyakarta
  1. bagus banget pantainya, jadi pengen kesana.

  2. dekorrumah says:

    jadi keinget sunset waktu itu diparangtritis. hehe

  3. Ami Mulyadi says:

    Kaya temens lain komennya indah banget…..palagi pas sun setnya masya Allah kapan yah bisa ke jogja
    Ami Mulyadi recently posted…Khusyuk Ibadah Puasa Ramdhan dengan Paket Umroh Ramadhan 2017My Profile

  4. dwie says:

    jogja emang ngangeninnnn………………..

  5. Rumahku says:

    itu Sunset di Pantai Parangtritis, idah banget,, jadi penasaran pengen main kesana,,
    Rumahku recently posted…20 Lampu Tidur Unik, Lucu dan MenggemaskanMy Profile

  6. Pemandangan Sunsetnya kece banget, Destinasi liburanku bertambah ni,,
    frutablendhwiasli recently posted…Bahaya Oksidasi Lemak Yang Diakibatkan oleh Radikal BebasMy Profile

  7. Mbak Avy says:

    jogja emang oyeeeeeee…
    saya sejak kecil sdh beberapa kali ke parang tritis dan gak bosen2

  8. Lusi says:

    Gimana keadaanya habis gelombang tinggi & rob itu ya?

  9. cel says:

    wah jadi kangen yogya liat postingan ini mas,,, hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Back To Top
Translate »