Pagoeyoeban Pit Koeno Pasar Turi penggerak pasar sepeda

Jogjaready.com – Tahukah kalian dengan merk-merk sepeda seperti Gazelle, Fongers, Batavus atau Simplex ? Merk-merk sepeda tersebut adalah merk sepeda antik alias kuno yang keberadaannya sudah sangat langka. Salah satu komunitas yang sangat consent dalam melestarikan sepeda dengan merk-merk lawasan adalah Pagoeyoeban Pit Koeno (Papikoe). Komunitas ini dapat kita temui di Bantul, tepatnya di Pasar Turi Bantul. Susunan pengurus Papikoe sendiri adalah Sutoto (Ketua), Joko K. & Istono (Sekretaris), Yusuf Ahbari & Suradal (Bendahara).

Papikoe, Paguyuban Pit Koeno penggerak pasar sepeda | Jogja Ready

Jogja Segoro Onthel

Pagoeyoeban Pit Koeno Pasar Turi Bantul telah banyak melakukan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan aktivitas bersepeda dari tahun ke tahun. Pada tahun 2013, Papikoe pernah menyelenggarakan sepeda gembira alias fun bike dalam rangka memperingati hari ulang tahunnya yang kedua. Dalam fun bike tersebut dilakukan pula pembukaan Perdana Pasar Sepeda Kliwon di Pasar Turi Bantul. Di tahun 2014, kegiatan-kegiatan paguyuban ini pun jumlahnya tak sedikit. Seperti Ngepit Bareng Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam rangka HUT TNI ke-69 & Kodam IV/ Diponegoro ke 64, Djokja Segoro Onthel yang terlaksana pada September 2014 lalu.

Pagoeyoeban Pit Koeno Pasar Turi penggerak pasar sepeda |Jogja Ready

Relokasi Pasar Sepeda dan Burung Pasar Turi Bantul

Di awal tahun 2015 ini, Pagoeyoeban Pit Koeno Pasar Turi Bantul bersama Kepala Dukuh Kelurahan Sidomulyo Bambanglipuro Bantul telah merelokasi pasar sepeda. Tepatnya pada tanggal 3 Januari 2015 lalu. Relokasi ini didukung oleh Pemda Bantul. Biasanya pasar sepeda eksis di Pasar Turi Bantul seminggu sekali saat pasaran Kliwon. Kini pasar sepeda makin eksis pada pasaran Pahing yang dapat ditemui di lokasi baru. Lokasi Pasar Sepeda ini jaraknya sekitar 150 meter tak jauh dari Pasar Turi Bantul. Hadirnya pasar sepeda yang pasarannya sama dengan Pasar Turi Bantul yaitu saat Pahing, harapannya dapat lebih menggerakkan perekonomian masyarakat dan dapat melestarikan sepeda kuno.

Seperti yang diungkapkan oleh Yusuf Ahbari, ST selaku Bendahara Papikoe Pasar Turi Bantul, “Tujuan dari relokasi ini semoga dapat menggerakkan perekonomian masyarakat dan melestarikan sepeda kuno khususnya yang berada di wilayah sekitar Pasar Turi Bantul”. (-red)

Referensi : http://papikoe-turi.blogspot.com

13 Responses to Pagoeyoeban Pit Koeno Pasar Turi penggerak pasar sepeda
  1. jogja itu kota yang sangat ramahh,.. banyak pemandangan alam yang natural dan banyak tempat wisata yang bisa me refreh otak,.. kegiatan olah raga bersepeda banyak sekali di lakukan oleh wisatawan di daerah imogiri bantul,..

  2. wildan says:

    Penampakan sepedanya gak jelas tuh, pingin lihat sayanya.

  3. bersepeda dengan rutin dan teratur dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Ayo semangat…

  4. Keke Naima says:

    Jogja itu udah kayak kota Sepeda, karena banyak sekali sepeda bersliweran di sana ๐Ÿ™‚
    Keke Naima recently posted…Santai Sejenak di Lacamera Coffee, BandungMy Profile

  5. Bagus komunitas ini, melestarikan sepeda. soalnya sekarang anak SMP sudah pada naik motor yah, mas. saya dulu naik sepeda ke sekolah. tapi sekarang sudah pada beralih ke motor, meski mereka belum punya SIM.

  6. kamal says:

    Waktu kecil dulu saya naik sepeda yg merk gazelle. Jenisnya ‘sepeda wedok‘ yg palangnya melengkung. tapi pas agak gede naik sepeda jengki merk phoenix. Saat yang paling berkesan naik sepeda waktu kecil adalah saat ada ‘cegatan peneng‘. Umumnya orang beramai2 menghindari cegatan peneng karena ga mau membayar. ๐Ÿ™‚

    *) peneng = pajak sepeda
    kamal recently posted…Pohon Sosis yang MenggemaskanMy Profile

  7. kania says:

    Saya baru tahu merek-merek sepeda lawas seperti di atas ๐Ÿ™‚
    kania recently posted…Melatih Percaya Diri Anak Dengan Mengikuti LombaMy Profile

  8. Dwi Puspita says:

    Pasar Turi Surabaya ada juga selain Pasar Turi Bantul. Dulu selama 4 tahun aku selalu bersepeda mas ke sekolah. ๐Ÿ™‚
    Dwi Puspita recently posted…Jangan cuma ngomongMy Profile

  9. evrinasp says:

    Setau saya sepeda onthel itu mahal karena unik. Merk-merk di atas tidak ada yang kenal hehe. Di Bogor juga ada. tapi kumpulnya setiap hari minggu, mereka fun bike bareng lengkap dengan baju jaman doeloe ada yg pake baju perjuangan segala lho…
    evrinasp recently posted…By: evrinaspMy Profile

  10. sutopo says:

    Makasih mas, informasinya menarik…

    Salam kenal,
    Sutopo Blogger Jogja

  11. Tatit Ujiani says:

    Jadi ingat sepedanya Simbah dan Bapak Mas. merk Gazelle, sampai sekarang masih ada di kampung. Biasanya untuk keliling desa .
    Tatit Ujiani recently posted…Kapal Othok-Othok, Mainan Sepanjang JamanMy Profile

  12. pipit widya says:

    Namanya lucu ya ‘Papikoe’
    Smg apa yg diharapkan Papikoe dapat terwujud ya.
    pipit widya recently posted…Camilan Gampang : Awuk-awuk Sagu MutiaraMy Profile

  13. Saya dulu kalau pergi ke kampus pake sepeda fixie, dan situasi jogja sangat ramah untuk pengguna sepeda.
    Muhammad Imam Rosyadi recently posted…DE JAVUMy Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Back To Top
Translate »