Microsoft YouthSpark Live: Be The Spark For Yogyakarta!

Jogjaready.com – Pada hari Rabu (15/06/2016), acara Microsoft YouthSpark Live terlaksana di University Club (UC) Universitas Gadjah Mada. Acara ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Microsoft dan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB Foundation).

Untuk diketahui, Microsoft adalah perusahaan terdepan dalam bidang perangkat dan produktivitas di era “Mobile-first, cloud-first” yang memberikan aspirasi untuk memberdayakan setiap individu dan setiap organisasi di dunia untuk memperoleh pencapaian yang lebih besar.

YCAB Foundation sendiri adalah sebuah organisasi non-profit yang berfokus pada pengembangan generasi muda di bidang promosi gaya hidup sehat, pendidikan dan pemberdayaan ekonomi. Fokus dari YCAB Foundation adalah menciptakan kemandirian bagi anak muda.

Kembali ke Microsoft YouthSpark Live, acara ini dihadiri oleh peserta siswa SMP, SMU dan SMK, tenaga pengajar, komunitas edukasi dan teknologi seperti Jogja Digital Valley, Technopreneur serta relawan mahasiswa di D.I. Yogyakarta.

Microsoft YouthSpark Live Yogyakarta | Jogjaready.com

Para peserta Microsoft YouthSpark Live aktif mengikuti acara hingga selesai

Microsoft YouthSpark Live dibuka dengan beberapa sambutan. sambutan pertama diberikan oleh Ruben Hattari selaku Director of Corporate Affairs Microsoft Indonesia. Beliau mengatakan, “Microsoft Indonesia berusaha mewujudkan bagaimana generasi muda mampu berinovasi menciptakan aplikasi yang dapat digunakan sebagai bekal di dalam menghadapi persaingan yang ada. Up to date dengan teknologi terkini”.

Microsoft YouthSpark Live Yogyakarta | Jogjaready.com

Ruben Hattara, Director of Corporate Affairs Microsoft Indonesia

Masih dalam sambutannya, Bapak Ruben mewakili Microsoft Indonesia berharap agar kaum generasi muda mampu menjadi technopreneur-technopreneur handal sesuai yang dicita-citakan oleh Presiden Jokowi dan Kementerian Kominfo.

Muhammad Farhan selaku Sekretaris Jenderal YCAB Foundation mengatakan dalam sambutan selanjutnya, “Adanya program Microsoft YouthSpark di Indonesia khususnya di Yogyakarata ini menjadikan sebuah komitmen antara Microsoft Indonesia, YCAB Foundation, UGM serta didukung oleh Pemerintah DIY untuk mengantisipasi ledakan demografi angkatan muda yang harus siap bekerja di masa mendatang”.

Microsoft YouthSpark Live Yogyakarta | Jogjaready.com

Muhammad Farhan, Sekretaris Jenderal YCAB Foundation

Anak-anak muda jaman sekarang haruslah melek teknologi, haruslah terbiasa dengan teknologi-teknologi terkini. Untuk itulah maka ajang ini menjadi ajang yang penting untuk menanam benih agar menghasilkan bibit unggul orang Indonesia yang mampu bersaing di dunia global.

Dedy Permadi, Managing Director Center For Digital Society FISIPOL UGM, dalam sambutannya mengucapkan selamat atas keberhasilan para siswa yang telah berhasil membuat aplikasi-aplikasi permainan seru dan kreatif dari kegiatan program Microsoft YouthSpark ini. Tak lupa Bapak Dedy memberikan semangat kepada audience terutama untuk siswa-siswi yang hadir dengan memberikan yel-yel seru yang berbunyi, “Siswa Jogja… Kita Bisa Berbuat Nyata”.

Terakhir, Bapak Singgih Raharjo yang merupakan Kepala Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (BTKP) Provinsi D.I. Yogyakarta, dalam sambutannya memaparkan dukungannya terhadap program Microsoft YouthSpark ini. Beliau sangat kagum dengan kegiatan yang luar biasa ini. Karena dari program Microsoft YouthSpark ini akan tumbuh atau muncul enterpreneur muda dalam bidang teknologi informasi. Tentunya ini menjadi sesuatu hal yang sangat membanggakan.

Di dalam kegiatan Microsoft YouthSpark Live, diberikan beberapa sesi materi presentasi yang menarik dari narasumber-narasumber profesional. Salah satunya yang menarik adalah sesi yang diberikan oleh Bapak Ridi Ferdiana (Microsoft Innovation Center) dan Bapak Samuel Henry (Jogja DIgital Valley). Sesi ini memaparkan bagaimana peluang pengembangan game yang berkontribusi dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Baca juga : YouthSpark: Kreasi Game ide Anak Muda Jogja

Di sela-sela kegiatan Microsoft YouthSpark live ini juga dilaksanakan kegiatan Press Conference yang dihadiri oleh teman-teman Media. Dalam kesempatan Perss Conference ini, Microsoft Indonesia dan YCAB Foundation mengumumkan pencapaian keberhasilan Microsoft YoutSpark Yogyakarta. Momentum ini diperkuat dengan dukungan pemerintah D.I. Yogyakarta.

Seperti yang disampaikan oleh Bapak Rony Primanto, Kepala Bidang Pengembangan Layanan Teknologi Informasi, DISKOMINFO DIY, “Kegiatan Microsoft YouthSpark ini sejalan dengan program yang ada di Pemerintah DIY yaitu membangun Jogja sebagai kota pintar (Smart City) dimana salah satunya adalah memanfaatkan teknologi informasi untuk mengembangkan atau menjadi motor penggerak perekonomian Jogja”.

Dalam Press Conference ini juga diisi dengan demo aplikasi yang menjadi pemenang aplikasi permainan terbaik karya Sewidak Team dari kelompok SMA N 10 Yogyakarta. Mengapa namanya Sewidak? Dijelaskan nama tersebut diambil dari filosofi jawa dimana sewidak merupakan kependekan dari “Sejatine wis wayahe tindak“. Arti sewidak sendiri dalam Bahasa Indonesia yaitu enam puluh yang berarti pada umur-umur sekian manusia sudah selayaknya menghadapi kematian. Serem ya, tapi ini menarik.

Microsoft YouthSpark Live Yogyakarta | Jogjaready.com

Demo Aplikasi EduGame “Robot Gentho” dari Sewidak Team

Hanif dan Dino sebagai perwakilan sewidak team dalam demonya memaparkan bahwa mereka telah membuat sebuah aplikasi permainan yang diberi judul “Robot Gentho” hanya dalam 1 minggu. Wow. Game ini mengusung genre adventure-shooting dalam tiga level yang mengajarkan edukasi dari sisi astronomi dimana pemain harus mengumpulkan rasi bintang yang tersebar di sepanjang map sesuai dengan urutan yang ada dan nilai sosial dalam bela negara dimana mereka harus melawan seluruh robot invasi yang menyerang Bumi dan mengembalikan kedamaiannya. Inilah kreasi game ide anak muda jogja.

Microsoft YouthSpark Live Yogyakarta | Jogjaready.com

Sesi Foto Press Conference Microsoft YouthSpark Live

Sebagai pemenang aplikasi permainan terbaik, para anggota kelompok SMA N 10 Yogyakarta masing-masing mendapat peralatan pendukung pendidikan, kesempatan untuk bergabung dengan Jogja Digital Valley serta berkesempatan bekerja sama dengan pemerintah DIY untuk menerapkan aplikasi tersebut menjadi aplikasi resmi.

Semoga potensi yang ditunjukkan generasi muda Jogja ini bisa dimanfaatkan dan diberdayakan dalam upaya perwujudan D.I. Yogyakarta sebagai kota pintar (smart city) melalui penerapan pendidikan teknologi yang menyeluruh. Microsoft YouthSpark Live, Be The Spark For Yogyakarta! (-red)

11 Responses to Microsoft YouthSpark Live: Be The Spark For Yogyakarta!
  1. Dzulfikar says:

    Selalu pakai microsoft dah gak ada yang lain hehehe gmapang gunainnya soalnya

  2. Keke Naima says:

    keren ini anak-anak mudanya 🙂

  3. Khairulleon says:

    Asli !! Generasi cemerlang masa depan banget ..

  4. ophi ziadah says:

    waah keren nih event2 spt ini bikin yg muda makin kreatif di bidang IT
    ophi ziadah recently posted…Tradisi Angpao Lebaran dan Manfaatnya untuk AnakMy Profile

  5. evrinasp says:

    ke Bogor juga dong, menantikan forum-forum IT seperti ini, etapi masih termasuk golongan youth apa enggak ya hehe

  6. anindyarhd says:

    anak muda yang keren gini prestasinya kudu didukung yes
    jangan ke yang negatif2 ya dekadek 🙂

  7. Afif Rayyan says:

    All the best jogja….

  8. Yulia says:

    Bener banget die.. anak muda sekarang diharuskan melek teknologi, terus jadi inpirasi buat anak muda lainnya ya
    Yulia recently posted…Sakuku BCA Ajang Kopdar Blogger Sambil BukberMy Profile

  9. Mantap, masih anak sma tapi udah bisa bikin ginian, gimana kalau udah kuliah. :”
    Ridha Tantowi recently posted…10 Alasan Kamu Harus Masuk Arsitektur ITSMy Profile

  10. desi says:

    sukses buat jogjaa.. keep inspiring

  11. Wah ycab,,,aku pernah tapi ngliput yang kegiatan pas dijakarta..
    Yang pelatihan jadi karyawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Back To Top
Translate »