Mau makan enak ? Cobalah Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto | Jogja Ready

Pawon Mbah Marto

Jogjaready.com – Lele, adalah salah satu jenis ikan air tawar yang banyak diminati. Pernahkah sahabat Jogja mencicipi ikan lele yang diolah menjadi masakan mangut lele. Salah satu warung makan yang menyediakan menu mangut lele yang terkenal di Jogja adalah Mangut Lele Mbah Marto. Warung makan ini buka mulai jam 9 pagi sampai dengan 4 sore.

Yang unik dari Mangut Lele Mbah Marto yaitu proses masak dan penyajiannya. Untuk proses masak masih menggunakan kayu bakar, mangut lelenya diolah menggunakan proses pengasapan (lele asap). Penyajiannya pun tidak seperti warung makan pada umumnya yang ada meja dan kursi beserta menu masakannya didisplay di depan. Karena memang tempat ini hanya rumah biasa. Jadi ketika sahabat Jogja ingin mengambil menu makanannya, dipersilahkan untuk masuk sampai ke dapur atau pawon kalau orang jawa menyebutnya. Jadi kita dapat sekaligus melihat masakan yang masih diolah di pawon. Disediakan kursi lincak panjang di pawon tersebut untuk menyantap Mangut Lele yang lezat. Sahabat Jogja juga boleh makan di ruang tamunya. Anggap saja seperti rumah sendiri. Selesai makan langsung bayar ke pemilik rumah yang kini dikelola oleh anak cucu Mbah Marto.

Tak hanya menu mangut lele, di tempat ini juga menyediakan menu lainnya seperti garang asem, ayam areh, gudeg beserta sambel krecek-nya. Penasaran, datang saja ke Mangut Lele Mbah Marto.

***
Mangut Lele Mbah Marto
Lokasi: Nengahan Panggungharjo Sewon Bantul (Kampung Nggeneng, Selatan Kampus ISI Jogja)
Harga : Rp. 15.000,- / porsi

32 Responses to Mau makan enak ? Cobalah Mangut Lele Mbah Marto
  1. pffft keliatannya enak apalagi yang namnya ikan lele
    irma oktaviani recently posted…Hihi..PDIP “Memelas” Agar SBY Berkenan Dukung AhokMy Profile

  2. Yayak says:

    Enak mana sama mangut pari om ? Nanti pas ke jogja lagi bisa dicoba nih.

  3. Kalo ke jogja nanti, aku harus nyobain ini ;p.. udh tau lama ttg mangut lele ini, tp blm kesampaian aja mas nyobain -__-

  4. Tempatnya masuk-masuk gang, jadi kudu perjuangan kalau ke sini hehehheh

  5. arikus says:

    Wah jan, sayange kok ra ono foto close up mangute lelene Mas..hihihi

  6. Bener sekali lele kalo d asap tak sama rasanya srperti d goreng, muan muatap teman coy

  7. Rekomended.. perlu dicoba kalau ke jogja 🙂

  8. zaamora says:

    kdang lewat tapi gak liat 🙁

  9. syukur says:

    Aihh…sedapnyaaaaaaaaaa
    syukur recently posted…Penyebab Penyakit Kulit PsoriasisMy Profile

  10. vian says:

    boleh dicoba , enak banget kayaknya 😀

  11. Nia says:

    Harus dicoba ini kalo ke mBantul. hihi

  12. angki says:

    wahh patut dicoba nie ams adi mantap eeuuyyy

  13. Aku belum pernah ke Yogya… Konon kabarnya mencari tempat makan di Yogya tidaklah susah… Di mana2 banyak tempat yang menjual dan menyajikan berbagai makanan… Aku belum pernah tuh mencoba mangut lele? Enak kali ya? Paling banter sih pecel lele doang, hehe…

  14. Lele yang diasapi dulu sebelum dimangut tentu lebih maknyuss ya, Mas.
    Akhmad Muhaimin Azzet recently posted…Rumahku SurgakuMy Profile

  15. Hilda Ikka says:

    Wah, unik juga ya tempat makannya. Ambil sendiri di pawon 😀
    Hilda Ikka recently posted…5 Sekuel Film Wajib Tonton Tahun IniMy Profile

  16. Beby says:

    Belom sempet cobak nih.. 🙁
    Beby recently posted…Tumbal dan PesugihanMy Profile

  17. I’m usually overly critical as it pertains to writing. However, your sources are great.

  18. Choirul Huda says:

    Suka lele, paling kalo di Jakarta beli yang di daerah matraman, rasanya maknyos sama sambelnya nendang banget. Kalo di Jogja mah belom pernah mas 🙂

    Tapi artikel ini dibookmark ah, suatu saat ke Jogja nyari makanan yang enak2

  19. Indah Juli says:

    Duh, aku nggak pernah bisa makan lele, walau dimasak apa pun 🙁
    Indah Juli recently posted…Keeping Your Baby Safe from the StartMy Profile

  20. Kalau lele biasanya digoreng saja, ditemani sambel terasi dan lalap. Belum pernah nyobain mangut lele, keliatannya enak *mendadak laper 😀
    Lianny Hendrawati recently posted…Mengepel Lantai Jadi MenyenangkanMy Profile

  21. Bila dilihat dari cara pengolahannya yang masih tradisonal seperti ini, biasanya untuk rasa tetap sama, paling kalu pun beda dikit karena tangannya saja yang lagi beda kali ya Kang ? he,, he, he,,
    Indra Kusuma Sejati recently posted…Wisata Pantai Lovina, BaliMy Profile

  22. Bung Destur says:

    mau beli lele gitu masih mikir2, minyaknya itu kadang keliatan item banget, jadi takut
    Bung Destur recently posted…Gugur 1 Spanduk Anti Syi’ah, Muncul Spanduk Baru dari Kokam MuhammadiyahMy Profile

  23. Lusi says:

    Kadang ragu kalau udah ganti generasi pengelola. Sering tidak bisa mempertahankan citarasa. Kelihatannya ini tetap enak.

  24. khalida says:

    aku gak pernah makan mangut lele taunya cuma mangut pari..apa rasanya sama ya

  25. Istri saya beberapa waktu yang lalu masak menu ini juga, awalnya saya kurang setuju sebab nggak pernah dengar jadi takut nggak cocok di lidah. Sebab selama ini saya makan lele hanya digoreng saja. Eh ternyata enak juga lele disayur mangut. Trus memang benar makanan yg dimasak dengan kayu itu punya citarasa dan aroma yang khas, nggak mblengeri.

    Salam kenal dari Keluarga Biru di Malang.
    Keluarga Biru recently posted…Minggu Pagi di Ijen BoulevardMy Profile

  26. anak nelayan says:

    fiuh, langsung laper mas hehehe
    anak nelayan recently posted…Teluk Hijau Pantai Eksotis di BanyuwangiMy Profile

  27. Alris says:

    Makanan yang dimasak dengan kayu bakar memang punya rasa beda. Sering dengar mangut lele ini. Kayak perlu dicoba kalo ke Yogya.
    Alris recently posted…Kalo Rezeki Gak Akan KemanaMy Profile

  28. Kalau yang lele dimasak sama bumbu kambing (sate kambing) di jogja ada gak ya mas…dimana kalau ada ?
    Yuni andriyani recently posted…Cherry Belle Bubar, Senengnya Aku. Kenapa ?My Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Back To Top
Translate »