Dinkes Kota Jogja Gelar Acara Penguatan Jejaring Surveilans Epidemiologi di Gunung Kidul

Jogjaready.com – Rabu (27/5/2015), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jogja melalui Seksi Surveilans dan SIK menggelar acara Penguatan Jejaring Surveilans Epidemiologi Kota Yogyakarta. Acara tersebut diikuti oleh Petugas Surveilans Kelurahan, Surveilans Puskesmas, Surveilans Rumah Sakit dan Tim SKD (Sistem Kewaspadaan Dini) KLB (Kejadian Luar Biasa) Dinkes Kota Yogyakarta. Selain itu turut mengundang juga petugas surveilans dari kabupaten lainnya (Sleman, Kulon Progo, Bantul dan Gunung Kidul) di wilayah D.I. Yogyakarta (DIY) serta Surveilans Dinkes Provinsi DIY. Dilaksanakan di Pantai Sundak, Gunung Kidul, acara ini berlangsung sangat fun.

Dinkes Kota Jogja gelar acara Penguatan Jejaring Surveilans Epidemiologi di Gunung Kidul | Jogja Ready

Kegiatan Penguatan Jejaring Surveilans Epidemiologi

Acara ini diawali dengan pemberian materi tentang Surveilans Epidemiologi di Pendopo Pantai Sundak yang disampaikan oleh Bapak Trisno Agung Wibowo, SKM, M.Kes. Beliau merupakan praktisi kesehatan di BLK Yogyakarta yang juga seorang dosen pengajar di beberapa kampus ternama di Jogja. Dalam presentasinya, Beliau memaparkan bahwa fungsi surveilans sangat penting dalam kesuksesan suatu program kesehatan. Inilah suatu sistem yang diadakan untuk menanggulangi masalah kesehatan utama atau penyakit, misal penyebaran suatu penyakit menular. Untuk itu, peran serta masing-masing peserta dalam mewujudkan jejaring Surveilans Epidemiologi Kota Yogyakarta sangat diperlukan.

Selesai pemberian materi, acara selanjutnya adalah kegiatan permainan seru yang dibimbing oleh Jogja Experiential Learning (JEL). Para peserta dibawa fun dalam mengikuti permainan-permainan menarik yang dilakukan secara kelompok. Saat masuk makan siang, para peserta kemudian dipersilahkan menikmati hidangan di salah satu restoran yang berada di tepi pantai Indrayanti. Masih di wilayah Gunung Kidul, lokasi pantai Indrayanti tak jauh dari Pantai Sundak.

Acara ini diakhiri dengan kunjungan ke Pantai Baron. Di pantai ini, para peserta dapat membeli oleh-oleh khas pantai seperti ikan laut, lobster, cumi dan masih banyak lagi. Tinggal pilih sesuai selera, mau dibawa matang atau mentah semua bisa.

Baca juga : Sablon kaos gratis logo Jogja Istimewa di Kawasan Titik Nol Kilometer

Maksud dan tujuan acara ini diselenggarakan adalah untuk memperkuat jejaring surveilans epidemiologi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, khususnya di lingkup kerja Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta. Dengan mengemas kegiatan ini secara fun, harapannya agar para peserta dapat mengenal satu sama lain dan mempererat tali silaturahmi. Dengan demikian Jejaring Surveilans Epidemiologi Kota Yogyakarta semakin kuat. (-red)

3 Responses to Dinkes Kota Jogja Gelar Acara Penguatan Jejaring Surveilans Epidemiologi di Gunung Kidul
  1. acara yg seperti ini bermanfaat sekali..btw aku belum pernah ke gunung kidul…hehehe

  2. Acaranya dikemas secara fun ya, Mas, jadi asyik dan menyenangkan 🙂

  3. nglayab says:

    Semoga ttp solid dan bisa menjadi abdi masyarkat yg baik
    nglayab recently posted…Alur Cerita Tarling BaridinMy Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Back To Top
Translate »