5 Hal yang Harus Anda Perhatikan untuk Memaksimalkan Liburan di Jogja

Kawasan Malioboro

Kawasan Malioboro (sumber : Eksotisjogja.com)

Jogjaready.com – Siapa yang bisa menolak godaan pergi ke Jogja? Pesona daerah istimewa ini begitu kuat membuai siapa pun untuk selalu datang dan kembali ke Jogja, meski telah berkali-kali.

Boleh jadi, kesederhanaan dan tradisionalisme Jogja yang kokoh melekat di tengah gencarnya arus modernitaslah yang menjadi daya tarik utama kota ini. Di saat individu disibukkan dengan tekanan yang menuntut serba cepat dan sempurna, Jogja yang santai dan ramah menjadi semacam sanctuary yang menenangkan.

Akan tetapi, kenyamanan menikmati Jogja bisa menjadi kurang maksimal jika tidak mengantisipasi beberapa hal. Jumlah wisatawan yang membludak, cuaca buruk, harga mahal, dan hal-hal kurang mengenakkan lainnya bisa jadi merusak liburan impian.

Maka dari itu, sebelum melakukan perjalanan ke Kota Pelajar, perhatikan hal-hal berikut agar kenyamanan perjalanan tidak terganggu.

Hindari berkunjung saat long weekend atau musim libur

Bukan hanya Anda yang ingin mengunjungi Jogja. Ribuan orang datang setiap harinya memenuhi sudut-sudut kota, melebur bersama masyarakat untuk menikmati suasana. Bahkan dibandingkan tahun lalu, jumlah wisatawan meningkat 15-20%.

Jika di hari-hari biasa saja ada sebanyak ini wisatawan, tentu hari-hari libur akan menjadi lebih membludak. Karena itu sebisa mungkin datanglah pada low season. Anda bisa dengan nyaman berjalan dan mengeksplorasi Jogja yang damai.

Datang saat musim kemarau

Waktu paling ideal untuk menjelajahi kota adalah pada periode saat curah hujan tidak tinggi. Anda bisa mengunjungi beragam candi, mendaki gunung, menaiki bukit, mengelilingi jalan-jalan artistik, mengunjungi gedung-gedung bersejarah, dan hal-hal seru lainnya tanpa harus dibayang-bayangi keraguan akan datangnya hujan.

Bila Anda bukan pencinta hujan yang rela berbasah-basahan di bawah guyuran air dari langit, datanglah di saat musim kemarau. Meski iklim kini tidak benar-benar menentu, setidaknya Anda bisa memprediksi dari beberapa kurun waktu terakhir.

Berbaur dengan lokal

Jika jauh-jauh datang ke Jogja hanya untuk sekadar menongkrong di kafe kekinian, sebaiknya Anda urungkan niat. Dibandingkan harus mengikuti tren yang demikian, Jogja menawarkan kehangatan yang lebih baik di berbagai tempat yang menjajakan kuliner khas Jogja. Habiskan malam di angkringan dan cobalah berbaur dengan lokal.

Pecel di Pasar Beringharjo, mangut lele, gudeg, dan aneka kuliner nusantara khas Jogja mudah dijumpai di berbagai tempat. Syukur-syukur bila bisa berkomunikasi dengan baik, Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Bila di kafe atau restoran, kemungkinan ini tentu tidak bisa Anda peroleh, bukan?

Siapkan uang tunai secukupnya

\Seperti ketika berwisata pada umumnya, sediakan uang tunai secukupnya dengan pecahan yang bervariasi. Pastikan Anda menyimpannya di tempat yang aman, pun dengan dompet, identitas, dan barang berharga lain.
Anda akan membutuhkan pecahan uang tunai ini saat berjalan-jalan di kawasan Malioboro, Pasar Beringharjo, dan lain-lain. Selain banyak barang-barang unik yang dapat ditawar dan tidak menyediakan mesin EDC, ada cukup banyak juga musisi jalanan yang menghibur.

Pilih penginapan strategis

Buatlah reservasi sedini mungkin. Selain tarif yang cenderung naik saat high season, ketersediaan kamar juga perlu Anda perhitungkan.

Untuk mempermudah akses menuju beragam destinasi sekaligus menghemat biaya transportasi, pilihlah penginapan yang berada di lokasi strategis. Yang perlu diperhatikan, semakin strategis lokasi penginapan, semakin besar pula biayanya dibandingkan penginapan di lokasi lain.

Namun ada beberapa penginapan dengan tarif ramah kantong yang berada di pusat keramaian. Airy Rooms menyediakan beragam pilihan hotel murah di Jogja dengan lokasi strategis. Dengan fasilitas akomodasi lengkap, Anda bisa beristirahat dengan nyaman setelah menjelajahi kota.

Airy Rooms
Pilih hotel murah di Jogja sesuai destinasi wisata via website atau mobile apps Airy Rooms. Untuk pembayaran, Anda bisa menggunakan metode bank transfer, kartu kredit, atau di gerai Indomaret terdekat. Mudah, bukan?

Nah, itulah 5 tips yang perlu Anda perhatikan jika ingin berwisata ke Jogja. Bersama Airy Rooms, buat perjalanan Anda menjadi lebih berkesan dan menyenangkan.

4 Responses to 5 Hal yang Harus Anda Perhatikan untuk Memaksimalkan Liburan di Jogja
  1. Liburan di Jogja justru akan sangat berkesan bila bisa berbaur dan menjalin komunikasi dengan penduduk lokal ya, Mas ๐Ÿ™‚

  2. Benar sekali, saat akhir pekan atau libur panjang, waah… Jogja bener-bener banyak sekali pengunjungnya. Tidak hanya di pusat kota, wisata-wisata di daerah pun seperti di Gunungkidul juga ramai sekali.

  3. Titik Asa says:

    Kalo berkunjung kesini, suka kangen kembali berkunjung ke Yogya.
    Tentang penginapan, saya pernah nginap di Munajat Backpacker. Murah, bersih dan bener2 di Malioboro…

    Salam,

  4. Bisa jadi tips untuk saya yang memang pengen banget liburan ke jogja.. di tahun 2018 ini
    mudah2han bisa kesampean

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CommentLuv badge

Back To Top
Translate »